JawaJawa TimurWisata Alam

Berkeliling Teluk Hijau di Banyuwangi

Berkeliling Teluk Hijau di Banyuwangi

Berkeliling Teluk Hijau di Banyuwangi. Teluk hijau menjadi tujuan wisata yang patut kamu kunjungi. Teluk Hijau atau Green Bay menjadi lokasi wisata yang benar – benar memanjakan mata dengan warna teluk hijau dan bersanding dengan air terjun setinggi 8 meter. Sangat berbeda dengan kebanyakan teluk yang biasanya berwarna biru, warna hijau di dapat oleh pantulan alga yang terdapat di perairan dangkal teluk Hijau.

Lokasi Akses Menuju Teluk Hijau

Teluk Hijau terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Wilayah ini termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri yang merupakan surga tersembunyi di Banyuwangi. Lokasi yang tidak mudah dicapai membuat Teluk Hijau sepi oleh pengunjung. Untuk mencapai Teluk Hijau membutuhkan perjuangan yang menantang adrenalin yaitu dengan melalui jalan setapak yang curam dan berbatu, pengunjung harus menuruni bukit dan menembus hutan dengan pepohonan yang besar-besar. Setelah melewati medan yang cukup menguras stamina, Anda akan sampai di daerah yang terbuka. Lokasi pertama yang terlihat adalah Pantai Batu, ya dinamakan Pantai Batu karena di pantai ini tidak terdapat pasir melainkan terdapat susunan batu yang terdiri dari berbagai ukuran. Lokasi Teluk Hijau tidak jauh dari Pantai Batu, sekitar 300 m ke arah barat dari Pantai Batu, pengunjung akan menemukan Teluk Hijau di balik bukit karang kecil.

Wisata di Teluk Hijau

Teluk Hijau adalah lokasi wisata yang masih sepi oleh pengunjung, sehingga banyak orang hanya datang ke tempat ini untuk singgah sebelum mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri dan Sukamade yang menjadi tujuan utama. Lokasi yang susah di jangkau oleh kendaraan membuat Teluk Hijau terlihat masih begitu alami. Di pantai pengunjung bisa berjumpa Teluk Hijau, di sisi timur sekitar 20 meter dari pantai pengunjung juga bisa menikmati Air Terjun dengan tebing berwarna kuning kecoklatan.

Wisata Teluk Hijau atau yang lebih dikenal dengan Green Bay

Wisata Teluk Hijau atau yang lebih dikenal dengan Green Bay

Air terjun setinggi 8 meter ini memiliki kisah mistis yang membuat orang bertanya – tanya. Konon air terjun yang menjulang tinggi ini adalah tempat mandi para bidadari. Cerita dari masyarakat Rajegwesi setiap musim hujan akan ada pelangi indah diatas perairan teluk Rajegwesi yang berlangsung hingga beberapa hari. Hulu dari pelangi ini katanya dari air terjun Teluk Hijau.

Fasilitas dan Akomodasi di Teluk Hijau

Tidak banyak fasilitas di sini mengingat trek untuk menuju ke sini tidaklah mudah. Pengunjung dapat memilih beberapa jalur untuk menuju Teluk Hijau. Bisa lewat jalur darat / trekking yang jaraknya sekitar 1 km dari Start point dengan waktu tempuh selama ½ jam. Atau lewat laut dengan menaiki perahu selama 15 menit dari Pantai Rajegwesi dengan membayar Rp 25.000 sekali jalan per orang atau Rp 35.000 untuk pulang – pergi.

HTM Teluk Hijau

Anda bisa menitipkan kendaraan di rumah penduduk di pantai Rajegwesi lalu meneruskan perjalanan ke start point Teluk Hijau sejauh 1 km dengan berjalan kaki. Atau Anda juga bisa memarkir kendaraan Anda di tempat parkir di dekat Teluk Hijau dengan biaya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Lebih dekat dengan Teluk Hijau tetapi untuk menuju tempat parkir tersebut harus melalui jalan tanjakan yang rusak dan berbatu-batu, bukan jalan yang mulus.

Tips Berwisata di Teluk Hijau

Gunakan jalur darat/trekking saat berangkat menuju Teluk Hijau dari Rajegwesi dan gunakan jalur laut saat kembali. Maka anda akan mendapatkan sensasi berbeda di kedua jalur tersebut. Jalur laut digunakan saat stamina kita sudah habis digunakan untuk bersenang – senang di Teluk Hijau yang menawan.

Galeri Wisata Teluk Hijau

Anda ingin melihat galeri foto Wisata Nasional Teluk Hijau? Anda dapat melihatnya di akun instagram kami di @wisata.nasional. Kami juga selalu mengupdate galeri foto tempat wisata di Instagram kami. Jadi apabila anda ingin melihat artikel tempat wisata terbaru melalui instagram anda, anda dapat memfollow Instagram wisata.nasional.

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Teluk Hijau dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

Leave a reply