JawaJawa Timur

Menikmati Sunrise dan Sunset di Gunung Butak

Menikmati Sunrise dan Sunset di Gunung Butak

Menikmati Sunrise dan Sunset di Gunung Butak. Gunung Butak, terletak di Malang, mungkin orang lebih banyak mengenal Gunung Bromo atau Gunung Semeru dari pada Gunung Butak saat membicarakan Surabaya. Gunung Butak memiliki ketinggian 2.868 mdpl dan status Gunung Butak adalah gunung berapi. Gunung Butak bersebelahan dengan Gunung Kawi.

Lokasi Akses Menuju Gunung Butak

Gunung Butak terletak di Malan dan Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Mempunyai beberapa jalur pendakian seperti Jalur Sirah Kencong – Blitar, Jalur gunung Kawi Kepanjen, Jalur Desa Gadingkulon – Dau – Malang, Jalur Bukit Panderman Batu-Malang. Jalur resmi untuk pendakian Gunung Butak adalah melewati Jalur Sirah Kencong.

Wisata di Gunung Butak

Menikmati Sunrise dan Sunset di Gunung Butak tidak akan membuatmu rugi. Saat Sunrise para pecinta alam dapat memandangi mentari bersama dengan Gunung Semeru yang terkenal dan saat Sunset mata akan dimanjakan oleh eloknya mentari bersama Gunung Kelud. Sungguh pemandangan yang tak akan terlupakan saat menginjakan kaki di Puncak Gunung Butak ini.

Sunrise di Gunung Butak

Sunrise di Gunung Butak

Dengan suhu pada malam hari kurang lebih 0˚C – 10˚C sedangkan pada siang hari memiliki suhu maximum 15˚C. Bila beruntung, pendaki akan menemukan embun beku yang berada di tanah dan rerumputan di bawah. Dengan iklim hutan hujan tropis dan hutan lumut membuat pecinta alam betah menikmati pemandangan alam disetiap perjalanan. Jalur pendakian di Gunung Butak kebanyakan melewati kebun teh dan untuk penggemar foto dapat berfoto ria di kebun teh ini.

Flora dan fauna menjadi pemandangan disetiap perjalanan menuju puncak. Tumbuhan langka seperti Edelweiss tumbuh di sekitar Gunung Butak mulai dari ketinggian 2500 – 2868 mdpl yang merupakan puncak gunung ini.

Fasilitas dan Akomodasi di Gunung Butak

Terdapat 5 Pos yang akan dilewati untuk mencapai Puncak Gunung Butak. Pos 1, terdapat lokasi datar dan luas yang merupakan hutan hujan tropis dan lebat. Pos 2, sama dengan pos sebelumnya tapi tidak selebat pos pertama. Pos 3, masih seperti pos sebelumnya, hanya saja di pos ini banyak didominasi oleh pohon-pohon tinggi yang sudah kering. Pos 4, banyak terdapat pohon tinggi yang sudah kering. Pos 5, disini pendaki akan memasuki hutan lumut. Dan terakhir adalah Pucak dari Gunung Butak.

Galeri Wisata Gunung Butak

Anda ingin melihat galeri foto Wisata Nasional Gunung Butak? Anda dapat melihatnya di akun instagram kami di @wisata.nasional. Kami juga selalu mengupdate galeri foto tempat wisata di Instagram kami. Jadi apabila anda ingin melihat artikel tempat wisata terbaru melalui instagram anda, anda dapat memfollow Instagram wisata.nasional.

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Gunung Butak dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

Leave a reply