SumatraSumatra UtaraWisata Buatan

Taman Buaya Asam Kumbang, Taman Reptil Terbesar Indonesia

Taman Buaya Asam Kumbang, Taman Reptil Terbesar Indonesia

Taman Buaya Asam Kumbang, Taman Reptil Terbesar Indonesia. Penangkaran Taman Buaya Asam Kumbang Medan, di tempat ini Anda bisa ajak keluarga atau anak-anak untuk melihat ribuan buaya. Taman Buaya Asam Kumbang merupakan taman reptil terbesar di Indonesia. Di tempat ini terdapat 3000-an ekor buaya dari yang kecil hingga yang besar. Taman Buaya Asam Kumbang, didirikan pada tahun 1959 oleh seseorang yang bernama Lo Than Mok. Untuk makanan buaya ini bisa menghabiskan 1 ton lebih daging setiap harinya. Taman Buaya Asam Kumbang terletak di jalan Bunga Raya, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang kota Medan, Sumatera Utara.

Taman Buaya Asam Kumbang sehari-hari banyak sekali dikunjungi para pelancong (traveler) dari berbagai penjuru. Terlebih pada akhir pekan dan musim liburan. Akses lokasi mudah terjangkau dan harga tiket murah membuat Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang menjadi pilihan membawa keluarga dan teman untuk melihat buaya dalam berbagai bentuk, ukuran, dan usia buaya. Jam kunjungan melihat buaya antara pukul 09.00-18.00. Waktu pemberian makan buaya antara jam 5 sore. Ini adalah saat-saat yang ditunggu. Sedangkan harga tiket masuk Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang Rp. 6000/orang. Pembelian tiket berlangsung di sebuah kedai kecil bukan di loket karcis sebagaimana umumnya penjualan tiket.

Taman Buaya Asam Kumbang

Taman Buaya Asam Kumbang

Sepintas hewan-hewan reptil ini seperti patung mati. Bahkan, matanya saja tidak bergerak, mulutnya menganga. Tetapi, awas jangan dekat-dekat dan jangan coba-coba melemparkan makanan atau benda apa pun. Buaya yang tadinya diam bisa bergerak dan menyambar dengan sangat cepat. Selain itu, kalau kita jeli, kita akan melihat CCTV berada di setiap sudut lokasi Taman Buaya Asam Kumbang. Ini berarti setiap gerak-gerik buaya dan pengunjung akan terpantau oleh pengawas.

Dahulu ada buaya yang berusia 78 tahun. Kini yang tampak dalam bak penampungan usianya 42 tahun. Selain itu, di Taman Buaya Asam Kumbang ada seekor buaya yang menjadi objek foto favorit yakni, “buaya buntung”alias ekornya tidak ada. Kalau ingin melihat hewan predator ini beraksi. Pengunjung dapat membeli seekor itik atau ayam yang dijual seharga Rp. 35.000. Kemudian oleh sang pawang itik tersebut “dicampakkan” ke dalam kolam rawa berwarna hijau lumut. Maka, seketika itu juga buaya yang tadinya tenang lalu berenang mengganas mengejar mangsa. Di darat buaya berjalan lambat, tetapi di dalam air ia adalah perenang yang sangat kencang.

Selain buaya, di Taman Buaya Asam Kumbang bisa melihat juga kebun binatang mini, yang dihuni beberapa hewan yang cukup menarik yaitu Monyet, Ular Phyton dan Cobra, Penyu dan kura-kura, serta tidak ketinggalan ratusan bangau putih yang terbang kesana kemari diatas Kolam besar penangkaran buaya tersebut. Jika Anda berkunjung atau jalan-jalan di taman buaya ini, saya sarankan tetap hati-hati, meskipun buaya terlihat tidur dan diam, bisa saja tiba-tiba dia menerkam Anda.

Galeri Wisata Taman Buaya Asam Kumbang

Anda ingin melihat galeri foto Wisata Nasional Taman Buaya Asam Kumbang? Anda dapat melihatnya di akun instagram kami di @wisata.nasional. Kami juga selalu mengupdate galeri foto tempat wisata di Instagram kami. Jadi apabila anda ingin melihat artikel tempat wisata terbaru melalui instagram anda, anda dapat memfollow Instagram wisata.nasional.

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Taman Buaya Asam Kumbang dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

Leave a reply