SulawesiSulawesi SelatanWisata AlamWisata Buatan

Taman Nasional Bantimurung The Kingdom of Butterfly

Taman Nasional Bantimurung The Kingdom of Butterfly. Sulawesi Selatan terkenal dengan wisata bahari dan kuliner yang tiada duanya. Namun bukan hanya pantai dan makanannya yang menjadi primadona, ada juga taman nasional yang menjadi primadona di provinsi ini. Namanya Taman Nasional Bantimurung.

Taman Nasional Bantimurung adalah cagar alam dengan luas 480 km2. Nama Bantimurang merupakan kombinasi dari ‘membanting kemurungan‘. Taman Nasional Bantimurung dijuluki The Kingdom of Butterfly oleh seorang ahli antropologi dan biologi dari Britania Raya, Alfred Russel Wallace. Di taman nasional ini ada sekitar 20 jenis kupu-kupu yang ditangkarkan, bahkan di antaranya ada beberapa spesies unik yang hanya ada di Sulawesi Selatan, antara lain Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana.

Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung

Lokasi dan Akses Menuju Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung terletak di wilayah Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Taman Nasional Bantimurung dapat dicapai dari Makassar dengan menggunakan bus menuju ke Maros. Beritahu kepada supir jika Anda ingin pergi ke Taman Nasional dan supir akan menurunkan Anda di suatu tempat, di mana Anda harus melanjutkan perjalanan dengan angkot (namanya pete-pete kalau di daerah setempat) yang akan membawa Anda ke pintu masuk taman.

Atau bisa juga dengan menggunakan pete-pete dari Makassar menuju ke Terminal Maros dengan tarif Rp. 7.000. Kemudian dilanjutkan dengan naik pete-pete lagi ke Taman Nasional Bantimurung dengan tarif Rp. 5.000. Usahakan Anda minta ke sopir pete-petenya untuk diantarkan sampai ke dalam tempat pembelian tiket, karena jaraknya dari jalan besar cukup melelahkan kalau harus jalan kaki.

Wisata di Taman Nasional Bantimurung

Sebagai objek wisata primadona di Sulawesi Selatan, Taman Nasional Bantimurung menyodorkan beragam atraksi wisata menarik. Air terjun yang mengalir deras, aliran sungai dengan tepian berbatu yang diapit kokohnya tebing terjal, serta sejuknya hawa menjadi suguhan yang mengundang banyak pengunjung. Taman Nasional Bantimurung pun dikenal hingga ke mancanegara sebagai “The Kingdom of Butterfly”. Sebuah julukan yang diberikan oleh Alfred Russel Wallace (1857) karena keanekaragaman dan kelimpahan kupu-kupunya ini.

Tiket masuk Taman Nasional Bantimurung sebesar Rp. 20.000. Di area Taman Nasional Bantimurung ini terdapat Musium Kupu-kupu. Museum ini wajib anda kunjungi karena di sini Anda dapat melihat kupu-kupu asli dan spesies kupu-kupu langka di museum ini. Letaknya ada di dekat musholla. Untuk masuk, Anda harus mebeli tiket seharga Rp 5.000. Di sini Anda dapat melihat ratusan spesies kupu-kupu yang ditaruh dalam wadah kotak dari kayu dan diberi lapisan kaca. Tidak hanya kupu-kupu dari Sulawesi Selatan saja yang diawetkan, tetapi juga dari wilayah lain, seperti Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan lainnya.

Selain kupu-kupu, Taman Nasional Bantimurung pun terkenal dengan air terjun yang memiliki ketinggian 15 meter. Air terjun ini merupakan tempat wisata menarik bagi sebagian besar pengunjung. Ada beberapa gua yang dapat Anda jelajahi, di belakang air terjun. Air terjun dan gua berada di dalam sebuah hutan tropis yang indah dengan tebing kapur.

Jangan lupa untuk mengunjungi Gua Batu di Taman Nasional Bantimurung. Untuk mencapai Gua Batu, Anda harus berjalan kaki sejauh 700 meter. Perjalanan Anda menuju Gua Batu akan sangat menyenangkan sebab di sepanjang perjalanan Anda bisa melalui sungai dan air terjun yang dijadikan pemandian. Dan karena menggunakan jalan di sepanjang aliran sungai, Anda bisa melihat kupu-kupu yang berwarna-warni. Kupu-kupu memang senang hidup didekat sumber air yang lembab dan vegetasinya masih bersih terjaga.

Sungai dan Air Terjun di Taman Nasional Bantimurung

Sungai dan Air Terjun di Taman Nasional Bantimurung

Tidak hanya ada Gua Batu, di sini pun ada Gua Mimpi. Untuk menuju ke sana, Anda harus kembali ke air terjun, karena letak Gua Mimpi berseberangan dengan Gua Batu. Dari air terjun ke Gua Mimpi jaraknya sekitar 800 meter, relatif sama dengan jarak Gua Batu.

Nah, seru kan berpetualang di Taman Nasional Bantimurung? Jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini jika Anda berkunjung ke Sulawesi Selatan!

Galeri Wisata Taman Nasional Bantimurung

Anda ingin melihat galeri foto Wisata Taman Nasional Bantimurung? Anda dapat melihatnya di akun instagram kami di @wisata.nasional. Kami juga selalu mengupdate galeri foto tempat wisata di Instagram kami. Jadi apabila anda ingin melihat artikel tempat wisata terbaru melalui instagram anda, anda dapat memfollow Instagram wisata.nasional.

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Taman Nasional Bantimurung dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

Leave a reply