KalimantanKalimantan BaratKalimantan TengahWisata AlamWisata Buatan

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kalimantan

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kalimantan

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kalimantan. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya merupakan kawasan konservasi yang terletak di jantung Pulau Kalimantan. Kawasan ini memiliki peranan penting dalam fungsi hidrologis sebagai daerah tangkapan bagi Daerah Aliran Sungai Melawi di Kalimantan Barat dan Daerah Aliaran Sungai Katingan di kalimantan Tengah. Kawasan hutan Bukit Baka Bukit Raya Merupakan perwakilan tipe ekosistem hutan hujan tropika pengunungan yang mendominasi puncak-puncak pegunungan Schwaner.

Lokasi dan Akses Menuju Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya terletak di perbatasan antara provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah.

Pontianak-Sintang-Nanga Pinoh (mobil), 460 km selama sembilan jam dan dilanjutkan ke Nanga Nuak dengan speedboat selama 2,5 jam. Dari Nanga Nuak ke lokasi taman nasional selama dua jam dengan mobil. Atau dari Palangkaraya-Kasongan menggunakan mobil selama 1,5 jam, dilanjutkan menggunakan speedboat selama tiga jam menuju Tumbang Samba, dan ke Tumbang Hiran selama tiga jam dan ke Tumbang Senamang dan Kutuk Sepanggi selama dua dan empat jam.

Fasilitas dan Akomodasi di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya ini tercatat ada 817 jenis tumbuhan yang termasuk dalam 139 famili diantaranya Dipterocarpaceae, Myrtaceae, Sapotaceae, Euphorbiaceae, Lauraceae, dan Ericadeae. Terdapat juga tumbuhan obat-obatan, anggrek hutan, bungga Raflesia (Raflesia sp.) yang merupakan tumbuhan parasit terbesar dan juga tumbuh di Gunung Kinibalu Malaysia.

Burung Endemik di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kalimantan

Burung Endemik di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Kalimantan

Hewan yang tinggal di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya diantaranya yaitu beruang madu (Helarctus malayanus), musang wisel (Mustela nupides), macan dahan (Neofelis nebulosa), kucing hutan (Felis begalensis), kucing emas (Felis badia), babi hutan putih (Sus barbatus), babi hutan (Sus scrofa), orang utan (Pongo pygmaeus), wau-wau (Hylobates lar). Jenis burung yang menetap di taman nasional ini antara lain enggang gading (Buceros Vigil), elang tiram (Pandion haliaetus), elang bondol (Haliaetus indus), ayam hutan (Lophura bulweri), dan kuau kerdil kalimantan (Polyplectron schleiermacheri) yang merupakan burung endemik pulau kalimantan yang paling langka dan terancam punah.

Aktifitas Wisata di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Bukit Baka. Pendakian, menyelusuri sungai dan pengamatan satwa/tumbuhan. Bukit ini mempunyai ketinggian 1.620 meter dpl, dan sering ditutupi kabut dengan suhu udara antara 15° – 20°C. Puncak Bukit Baka dapat ditempuh sekitar tujuh jam perjalanan dari Dusun Nanga Juoi Kecamatan Manukung.
Bukit Raya. Pendakian, menyelusuri sungai dan pengamatan satwa/tumbuhan, wisata budaya. Ketinggian Bukit Raya sekitar 2.278 meter dpl, suhu udara antara 7° – 10°C. Lama pendakian dari Nanga Jelun-dung, dusun Rumokoy, Mihipit, Hulu Labang, Birang Merabai sampai ke puncak bukit sekitar 3-4 hari.
Sungai Senamang, Sepan Apui dan Sungai Ella. Arung jeram, sumber air panas, padang pengembalaan rusa, pengamatan satwa dan air terjun.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya.

Tips Berwisata di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Musim kunjungan terbaik antara bulan Juni – September

Galeri Wisata Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Anda ingin melihat galeri foto Wisata Nasional Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya? Anda dapat melihatnya di akun instagram kami di @wisata.nasional. Kami juga selalu mengupdate galeri foto tempat wisata di Instagram kami. Jadi apabila anda ingin melihat artikel tempat wisata terbaru melalui instagram anda, anda dapat memfollow Instagram wisata.nasional.

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

Leave a reply