KalimantanKalimantan SelatanWisata Buatan

Uniknya Pasar Apung di Banjarmasin

Uniknya Pasar Apung di Banjarmasin. Pasar apung di Banjarmasin merupakan budaya lokal yang memanfaatkan sungai sebagai lokasi dan jukung (perahu kecil) sebagai toko. Pasar apung sudah menjadi ikon Kalimantan Selatan karena keunikannya. Budaya pasar apung sendiri sudah berlangsung lama sejak ratusan tahun lalu. Menariknya pasar apung dengan ciri khas ini kemudian menjadi obyek wisata yang menarik banyak wisatawan untuk datang ke lokasi ini. Wisatawan lokal maupun mancanegara ingin menyaksikan keunikan pasar ini.

Namun belakangan ini pasar apung mulai berkurang jumlah pelakunya (jukung) karena kalah bersaing dengan pasar modern yang marak di daerah sekitar. Hal ini coba dimanfaatkan oleh pemerintah Banjarmasin untuk terus melestarikan budaya pasar apung yang sudah menjadi ikon pariwisata Banjarmasin ini. Salah satu langkah pemerintah adalah dengan membuat sebuah gelaaran budaya yang dinamakan Festival Pasar Terapung.

Pasar Apung

Pasar Apung

Lokasi dan Akses Menuju Pasar Apung

Banyak sekali lokasi pasar apung di Banjarmasin. Ada yang berlokasi di Muara Kuin, Lok Baintan, dan sebagainya.

  • Pasar Apung Muara Kuin
    Pasar Apung Muara Kuin berada di aliran sungai Barito. Untuk menuju tempat ini sobat harus bangun lebih pagi karena jam operasional pasar apung ini dimulai sejak shubuh hinggak pukul 08.00. Jarak tempu dari kota Banjarmasin sekitar 45 menit menggunakan perahu mesin (kelotok). Biaya untuk menggunakan jasa kelotok berkisar Rp. 70.000,- hingga Rp. 100.000,-.
  • Pasar Apung Lok Baintan
    Pasar Apung Lok Baintan adalah pusat berkumpulnya pedagang. Lokasi ini merupakan sebuah pelabuhan kecil bernama Pelabuhan Lok Baintan diatas sungai pinang. Lebih dari 100 jukung datang setiap harinya untuk bertransaksi. Aktifitas di tempat ini dimulai sejak fajar dan berakhir pukul 08.00 atau 09.00.

Aktifitas Wisata di Pasar Apung

Banyak sekali aktifitas wisata yang dapat dilakukan di pasar terapung ini. Pada waktu tertentu ada sebuah festival yang dirayakan di tempat ini. Festival pasar apung merupakan pentas budaya dan seni yang diikuti oleh berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan beberapa daerah lain di Indonesia maupun negara tetangga. Festival ini selalu diadakan setiap tahun oleh pemerintah setempat untuk menarik minat para wisatawan datang ke Kalimantan Selatan.

Di festival ini terdapat berbagai atraksi budaya yang akan membuat sobat terpesona. Tidak hanya budaya yang bisa kita temui setiap hari namun budaya yang terkesan langka pun ditampilkan di festival pasar apung ini.

Fasilitas dan Akomodasi di Pasar Apung

Jika sobat berminat ke tempat ini dan bingung untuk tinggal dimana, jangan khawatir karena ditempat ini terdapat rumah lanting yang berjejer di pinggir sungai yang dapat sobat tempati. Disini juga terdapat tempat penyewaan perahu klotok, rumah makan, dan warung-warung penjual makanan dan minuman ringan.

Harga Tiket Masuk Pasar Apung

Tidak ada biaya masuk ke tempat ini.

Tips Berwisata di Pasar Apung

  1. Ada baiknya mengecek jadwal dan agenda Festival Pasar Apung untuk memastikan berlangsungnya acara
  2. Keep Clean ya sobat. Dimanapun anda berada usahakan untuk selalu menjaga kebersihan.

Galeri Wisata Pasar Apung

Anda ingin melihat galeri foto Wisata Nasional Pasar Apung? Anda dapat melihatnya di akun instagram kami di @wisata.nasional. Kami juga selalu mengupdate galeri foto tempat wisata di Instagram kami. Jadi apabila anda ingin melihat artikel tempat wisata terbaru melalui instagram anda, anda dapat memfollow Instagram wisata.nasional.

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Pasar Apung dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

Leave a reply