JawaJawa TengahWisata Alam

Wisata Nasional Curug Benowo dan Curug Lawe

Wisata Nasional Curug Benowo dan Curug Lawe

Wisata Nasional Curug Benowo dan Curug Lawe. Curug Benowo dan Curug Lawe terletak di Lereng Gunung Ungaran, Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Keindahan Curug Benowo ini mungkin sulit untuk dicapai kebanyakan orang, karena lokasi benar benar alami, jalan setapak, dan naik turun. Wisata alam ini direkomendasikan kepada para pecinta alam atau Anda yang menyukai tantangan. Curug Benowo dan Curug Lawe menyuguhkan panorama air terjun yang sangat indah. Disana Anda dapat merasakan kesejukan air dan sekaligus menyejukan hati.

Tangga di Wisata Nasional Curug Benowo dan Curug Lawe

Tangga di Wisata Nasional Curug Benowo dan Curug Lawe

Lokasi wisata ini yang berjarak 12 km dari kota Semarang atau 7 km dari kota Ungaran. Dari Ungaran (alun-alun Ungaran) mengambil arah ke Mapagan melalui jalan tembus ke Boja. Sesampainya di Boja ambil belokan ke kiri di desa Sumur Gunung yang ternyata juga tidak terlalu jauh dari kampus Unnes. Kondisi jalan dari Ungaran ke desa Kalisidi sudah beraspal. Selanjutnya dari pertigaan Sumur Gunung tersebut diteruskan ke arah selatan hingga perkebunan cengkeh zanzibar sekitar 3 kilometer dengan kondisi jalan menanjak dengan kemiringan bervariasi antara 25-45 persen.

Biaya masuk wisatawan yaitu Rp 4.000/orang, untuk biaya parkir roda dua : Rp 2.000/montor ,dan parkir roda empat : Rp 5.000/mobil

Jarak dari tempat parkir ke dua curug lumayan jauh sekitar 30 menit berjalan kaki dengan kondisi jalan setapak yang relatif datar, hanya sedikit terdapat tanjakan yang tidak berarti. Ada dua jalur menuju ke sana yaitu jalur lama dan jalur baru. Jika melewati jalur lama akan melewati saluran dan jembatan irigasi denga sisi kiri adalah jurang yang sangat curam. Sedangkan jika menggunakan jalur baru akan melewati Sendang Pengantin kemudian turun ke arah bendungan melewati pinggiran sungai. Setelah itu kira-kira 10 menit dari bendungan akan ditemui 2 percabangan, kiri menuju Curug Lawe dan kanan menuju Curug Benowo, tapi sekarang ada jalan tembus langsung dari dan ke dua curug tersebut tanpa kembali ke percabangan semula.

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Curug Benowo dan Curug Lawe, Pantai Ratu Kidul dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

Leave a reply