SulawesiSulawesi SelatanWisata Alam

Wisata Nasional Pantai Losari Makassar

Wisata Nasional Pantai Losari Makassar

Wisata Nasional Pantai Losari Makassar. Pantai Losari adalah salah satu objek wisata andalan di Makassar. Beberapa orang bilang bahwa Pantai Losari merupakan pantai yang sangat indah untuk melihat sunset. Dulunya, pantai ini pernah mendapat julukan sebagai pantai yang mempunyai meja terpanjang di Indonesia, mungkin juga di dunia. Karena adanya warung-warung yang berjejer di sepanjang bibir pantai. Tetapi sekarang, warung-warung tersebut sudah dipindah ke tempat yang tidak begitu jauh dari Pantai Losari. Langkah tersebut ditempuh oleh Pemkot Makassar agar objek wisata di Sulawesi ini nyaman dan bersih.

Lalu, apa istimewanya Pantai Losari? Istimewanya adalah di Pantai Losari ini, Anda bisa menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya sang surya pada satu posisi yang sama. Anda dapat menikmati deburan ombak yang memecah tanggul pantai dan merasakan sejuknya angin mamiri sambil menikmati semburat merah jingga dari mentari yang akan rebah di kaki cakrawala.

Pemandangan Senja di Wisata Nasional Pantai Losari Makassar

Pemandangan Senja di Wisata Nasional Pantai Losari Makassar

Lokasi dan Akses Menuju Wisata Nasional Pantai Losari Makassar

Pantai Losari terletak di jantung Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tepatnya di Jalan Penghibur. Jika Anda dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan transportasi kendaraan pribadi maupun umum. Jika Anda dari Bandara Hasanuddin, perjalanan dapat ditempuh dengan waktu 45 menit.

Wisata yang ada di Pantai Losari Makassar

Pantai Losari tidak mempunyai pasir seperti di pantai-pantai lain, sehingga anda tidak dapat bermain pasir di pantai ini. Selain itu anda juga tidak boleh berenang di sini karena airnya sangat dalam sehingga berbahaya untuk kegiatan renang. Sebagai gantinya, di pantai ini terdapat wahana permainan air seperti perahu, sepeda air, dan banana boat. Walaupun tidak memiliki pasir, di sepanjang pantai ini dibuat tanggul beton untuk menahan ombak, di tanggul beton inilah biasanya banyak orang yang memancing ikan.

Pantai Losari juga sering kali dimanfaatkan sebagai tempat untuk berolahraga. Banyak sekali orang yang datang ke Pantai Losari untuk lari pagi karena udara yang sejuk dan angin yang sepoi-sepoi, terutama di Minggu pagi.

Fasilitas dan Akomodasi di Wisata Nasional Pantai Losari Makassar

Fasilitas yang ditawarkan di Pantai Losari tidak jauh berbeda dengan kebanyakan pantai pada umumnya. Yang menarik adalah fasilitas Free WiFi! Bagi Anda yang fakir WiFi, Anda bisa menikmati sendunya senja sore sambil berselancar di dunia maya. Ada juga masjid terapung di Pantai Losari yang memiliki dua kubah berdiameter 9 meter. Anda bisa naik ke atas kubah yang melalui dua tangga samping yang mengelilingi masjid lalu dapat menggunakan tempat bersantai dan beristirahat dengan hembusan angin pantai.

Di Pantai Losari juga tersedia berbagai transportasi umum seperti becak, taxi, bus, dan sebagainya. Transportasi tersebut bisa Anda gunakan untuk berkeliling sepanjang Pantai Losari. Berkat letak pantai yang berada di jantung kota, Anda tidak perlu repot-repot mencari tempat menginap. Di sekitar pantai banyak penginapan berbagai kelas, dari wisma sampai hotel berbintang. Beberapa hotel dekat Pantai Losari yang direkomendasikan yaitu Hotel Aryaduta Makassar dan Makassar Golden Hotel.

HTM Wisata Nasional Pantai Losari Makassar

Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk masuk ke Pantai Losari.

Tips Berwisata di Pantai Losari Makassar

  • Jangan lupa untuk mengabadikan momen di Pantai Losari dengan berfoto berlatar-belakang tulisan raksasa “Pantai Losari”.
  • Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi Pantai Losari sekitar pukul 15.00 – 21.00.
  • Setiap Minggu pagi, berbagai jajanan dan aneka makanan tradisional tersedia di Pantai Losari, seperti bubur ayam, bubur kacang ijo, empek-empek Palembang, es pallu butung, es pisang ijo, soto ayam, gado-gado atau lontong sayur. Bagi Anda yang akan mencicipi tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup dengan Rp 4.000 sampai Rp 6.000 per porsi untuk setiap hidangan sarapan pagi ini.

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Pantai Losari Makassar dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

1 comment

Leave a reply