JawaJawa BaratWisata Alam

Wisata Nasional Pulau Biawak

Wisata Nasional Pulau Biawak

Wisata Nasional Pulau Biawak. Wisata Pulau Biawak, mungkin Anda mengira pulau ini lokasinya tak jauh dari Pulau Komodo. Padahal, kawasan Wisata Pulau Biawak dan pulau Flores tempat komodo berada bahkan tidak dalam satu provinsi yang sama. Kawasan Wisata Pulau Biawak terletak di sebelah utara Pulau Jawa bagian tengah, masuk dalam wilayah administratif kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kawasan Wisata Pulau Biawak menjadi konservasi endemik burung-burung liar dan bagi biawak – biawak yang ada di sana.

Kawasan Wisata Pulau Biawak dapat dicapai dengan bus umum via Pantura Indramayu dan turun di pertigaan Celeng kemudian dilanjutkan dengan menyewa angkot menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong. Bisa juga naik kereta lalu turun di Stasiun Cirebon dan dilanjutkan naik angkot menuju Karangsong. Dari Karangsong ini, banyak nelayan yang menawarkan perahunya untuk membawa pengunjung menuju Kawasan Wisata Pulau Biawak dengan waktu tempuh 5 jam perjalanan. Mereka juga menyediakan keperluan logistik selama menginap di Kawasan Wisata Pulau Biawak. Biayanya sekitar Rp 300.000 per orang, sudah termasuk ongkos kapal pergi-pulang, makan, dan tempat menginap.

Kawasan Wisata Pulau Biawak ini memeliki populasi biawak kurang lebih sekitar 300 ekor. Setiap pagi, biawak ini hilir mudik mencari makan. Biawak–biawak ini seolah–olah sudah berteman baik dengan manusia, tetapi kalau kita mengganggu mereka pasti marah juga. Jika Anda penasaran ingin melihat dari dekat, letakkan ikan di dermaga dan menunggu. Maka tak berapa lama, biawak-biawak tampak berdatangan. Biawak-biawak di pulau ini tidak takut terhadap manusia. Mereka cukup berani mendekat, namun kita tetap perlu mewaspadai sabetan ekor biawak tersebut.

Pulau Biawak memiliki mercusuar berumur 138 tahun, dibangun pada masa pemerintahan ZM Willem III pada tahun 1872. Sampai sekarang, mercusuar ini masih kokoh berdiri. walaupun telah berapa kali mengalami perbaikan. Mercusuar ini tingginya kurang lebih sekitar 65 meter, dengan lampu suar bertenaga surya.

Hal yang pasti harus dilakukan saat berada di ini adalah berenang dan snorkeling serta menjelajah hutan Pulau Biawak ini. Keindahan bawah lautnya masih sangat perawan dan konon memiliki koleksi ikan hias yang ribuan jumlahnya. Ombaknya pun tak terlalu besar sehingga kita bisa leluasa menyelam. Di dalam hutan pulau ini, Anda dapat berjumpa dengan burung-burung liar dan biawak – biawak yang ada di sana menjadikan petualangan Anda semakin menyenangkan..

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Pulau Biawak, Pantai Ratu Kidul dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

1 comment

Leave a reply