GorontaloSulawesiWisata Alam

Wisata Nasional Taman Laut Olele

Wisata Nasional Taman Laut Olele

Wisata Nasional Taman Laut Olele. Pegunungan, bukit, pesisir pantai adalah ciri utama dari Gorontalo dan menjadikan pulau ini sempurna untuk wisata bahari. Ada banyak hal yang menjadikan Gorontalo sempurna untuk liburan Anda. Taman Laut Olele, misalnya, terkenal dengan tempat menyelamnya yang menantang diantara para penyelam profesional dunia. Pantai Olele adalah pintu gerbang menuju surga bawah laut. Pemandangan Taman Laut Olele konon mempunyai kekhasan tersendiri dibandingkan dengan taman laut di daerah lain yang telah dikenal, seperti Taman Laut Bunaken atau Taman Laut di Kepulauan Togean Sulawesi Tengah. Bahkan disinyalir bahwa Taman Laut Olele ini lebih alami dibandingkan dengan kedua taman laut di atas. Olele adalah tempat yang cocok untuk para backpacker yang mencari nuansa alami, dan terbiasa dengan terbatasnya fasilitas serta ongkos wisata yang tidak terlampau mahal.

Biota Laut di Wisata Nasional Taman Laut Olele

Biota Laut di Wisata Nasional Taman Laut Olele

Lokasi dan Akses Menuju Taman Laut Olele

Pantai Olele terletak di wilayah Kabila Bonge, Bone Bolango, kurang lebih 20 Km dari pusat Kota Gorontalo. Untuk mencapai Olele Anda bisa berkendara dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Menuju desa Olele, anda akan menyisir jalan berkelak kelok, melintasi perumahan penduduk dengan pemandangan yang kontras. Di satu sisi anda terkesima dengan tebing-tebing curam berpohon dan di sisi lain, hambaran laut biru hijau tanpa batas membentang membuat anda tercengang.

Wisata yang ada di Taman Laut Olele

Jika Anda sudah sampai di Pantai Olele, akan ada penduduk yang datang menawari kapal dan peralatan snorkeling. Selanjutnya Anda akan dibawa menuju titik snorkeling, dan Anda bisa snorkeling sepuasnya. Di Olele Anda bisa menemukan biota laut yang jarang dijumpai di perairan lain.

Bagi Anda yang tidak berencana untuk menyelam, jangan khawatir. Perahu kayu berkaca asli buatan penduduk siap membawa Anda mengarungi perairan untuk menikmati keindahan tampak atas terumbu karang, ikan-ikan dan biota laut lainnya.

Fasilitas dan Akomodasi di Wisata Nasional Taman Laut Olele

Di Olele tidak ada petugas wisata atau fasilitas untuk berwisata di Olele. Fasilitas wisata yang ada di Olele sebagian besar dikelola secara kelompok oleh warga-warga di pinggir pantai, bila sedang tidak ramai pengunjung mereka bermata pencaharian sebagai nelayan.

Karena masih dalam tahap pengembangan, di Pantai Olele belum ditemukan adanya penginapan yang difasilitasi bagi para pendatang, atau sarana pendukung wisata lainnya sebagaimana tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia, sehingga para pengunjung terkadang harus meminjam kamar warga untuk berganti pakaian usai berenang ataupun menyelam.

Harga Tiket Masuk Wisata Nasional Taman Laut Olele

Biaya sewa satu kapal Rp. 250.000 untuk perjalanan sepuasnya dalam sehari dengan kapasitas maksimal 6 orang, dan biaya sewa alat snorkeling lengkap Rp. 50.000 per set.

Tips (optional) Berwisata di Wisata Nasional Taman Laut Olele

  • Berhati-hatilah dengan sengatan ubur-ubur. Ukurannya yang mini terlihat menarik berwarna warni terutama saat terkena cercahan sinar matahari.
  • Berkunjunglah antara bulan Februari – April. Jika beruntung Anda dapat bertemu mamalia laut, ikan Lumba-lumba yang dengan tidak malu-malu menyambut kedatangan penyelam.

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Taman Laut Olele dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

Leave a reply