SulawesiSulawesi SelatanWisata Buatan

Wisata Nasional Taman Taka Bonerate

Wisata Nasional Taman Taka Bonerate. Taka Bonerate atau Taman Nasional Taka Bonerate adalah kawasan terumbu karang (atol) terluas di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara dengan tingkat biodiversitas yang sangat tinggi. Berada di kawasan Coral Triangle Intiative (CTI), kawasan ini merupakan habitat bagi berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Keindahan pantai dengan pesona alam bawah lautnya, menjadikan tempat ini terkenal hingga ke mancanegara. Sebelum melangkah lebih jauh, apakah Anda tahu apa itu atol? Atol adalah pulau karang yang biasanya berbentuk cincin dan di bagian tengahnya danau/cekungan/laguna yang telah terisi oleh air laut, dan dijamin pasti dikelilingi oleh terumbu karang yang sangat indah.

Selain disebut-sebut sebagai atol terluas se-Asia Tenggara, Taman Nasional Taka Bonerate merupakan kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maldives. Luas total taman nasional ini adalah 530.765 hektar, dimana 220.000 hektar merupakan hamparan atol dan laguna dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km².

Pemandangan Senja di Wisata Nasional Taman Taka Bonerate

Pemandangan Senja di Wisata Nasional Taman Taka Bonerate

Lokasi dan Akses Menuju Wisata Nasional Taman Taka Bonerate

Takabonerate merupakan nama Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Tempat itu terdiri dari beberapa pulau kecil dengan pantai yang sangat bersih berpasir putih. Untuk sampai ke Selayar dan Taka Bonerate, Anda harus mengambil penerbangan ke Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan. Karena Makassar adalah hub udara untuk kawasan Timur Indonesia, hampir semua operator domestik di Tanah Air menjadwalkan penerbangan ke Makassar. Dari Makassar, Anda akan melanjutkan perjalanan menuju kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Ada beberapa pilihan transportasi dari Makassar menuju ke kota Benteng, seperti:

  1. Pesawat Terbang
    Ada 2 pesawat yang beroperasi dari Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar) menuju Bandara H. Aeropala (Selayar). Lama penerbangan adalah sekira 45 menit.Aviastar Airlines (DHC-6) terbang setiap Sabtu pukul 07.05 WITA. Tarif pesawat sekira Rp210.000,- dan belum termasuk Airport Tax. Agen tiket Aviastar di Bandara H. Aroepala Selayar: Rostina HP (085 395 759 311). Agen tiket Aviastar di Makassar: Devi HP (081 355 750 076).Merpati Airlines (MA-60) terbang tiap Senin dan Rabu pukul 08.00 WITA dengan harga mulai Rp450.000,- Rp632.000,-. Pemesanan tiket dapat dilakukan secara online.Penerbangan SMAC charter juga tersedia di Makassar, beroperasi ke Selayar dua atau tiga kali seminggu pada hari Selasa, Rabu, dan Jumat. Penerbangan ini memakan waktu 40 menit. Untuk informasi panggilan Kantor SMAC di Selayar, Telp.: +62 414 21361 atau +62 81355222282.
  2. Bus Umum
    Dari Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar) menuju terminal Bus Mallengkeri (Makassar) menggunakan taksi dengan biaya Rp100.000,-. Bus reguler menuju Benteng (Selayar) berangkat pukul 08.00 WITA ke pelabuhan Bira (Bulukumba) dengan tiket Rp. 100.000/orang untuk bus ber AC. Waktu tempuh kurang lebih 5 jam termasuk istirahat (makan siang). Dari Pelabuhan Bira perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan Kapal Ferry selama 2 jam ke Pelabuhan Pamatata (Selayar) kemudian dilanjutkan menuju Kota Benteng dengan kisaran waktu 1,5 – 2 jam.Perjalanan dari Benteng ke kawasan Taman Nasional Taka Bonerate Perjalanan ke kawasan Taman Nasional Taka Bonerate dapat dilakukan melalui 2 jalur interpretasi obyek wisata yaitu :a) Jalur Interpretasi Benteng – TinaboPerjalanan menuju Pulau Tinabo diawali dengan perjalanan darat dari Benteng ke Pelabuhan Pattumbukan menggunakan mobil sewaan dengan lama perjalanan 1,5 jam. Setelah itu, perjalanan laut menuju Pulau Tinabo dapat dilakukan menggunakan kapal kayu jolloro dengan waktu tempuh sekitar 4 – 5 jam atau menggunakan kapal cepat (speed boat) dengan waktu tempuh sekitar 1,5 – 2 jam. Pada jalur ini, para wisatawan dapat menikmati wisata alam yang terdapat di Pulau Tinabo khususnya para penyelam disuguhkan spot-spot penyelaman di Pulau Tinabo, Latondu sedangkan wisata budaya dapat dilakukan di Pulau Tarupa, Pulau Rajuni, dan Pulau Latondu.b) Jalur Interpretasi Benteng – Jinato
    Perjalanan menuju Pulau Jinato diawali dengan perjalanan darat dari Benteng ke Pelabuhan Pattumbukan menggunakan mobil sewaan dengan lama perjalanan 1,5 jam. Setelah itu, perjalanan laut menuju Pulau Jinato dapat dilakukan menggunakan kapal kayu jolloro dengan waktu tempuh sekitar 6 – 7 jam atau menggunakan kapal cepat (speed boat) dengan waktu tempuh sekitar 2 – 2,5 jam. Pada jalur ini, para wisatawan dapat menikmati panorama alam yang terdapat di Pulau Jinato dan Pulau Lantigiang. Para penyelam akan disuguhkan spot-spot penyelaman sedangkan wisata budaya dapat dilakukan di Pulau Jinato, Pulau Pasitallu Timur, dan Pulau Pasitallu Tengah.

Fasilitas dan Akomodasi di Wisata Nasional Taman Taka Bonerate

Ada banyak hotel atau pun penginapan di sekitar Taman Laut Taka Bonerate. Berikut adalah daftar hotel di sekitar Taman Laut Taka Bonerate:

  1. HOTEL SELAYAR BEACH Jl. Soekarno Hatta No. 2 Telp. 0414 – 21295 Benteng – Selayar
  2. WISMA PKK TANADOANG Jl. Jend. Sudirman No. 15 Telp. 0414 – 21543 Benteng – Selayar
  3. HOTEL SYAFIRA Jl. Jend. Sudirman No. 21 Telp. 0414 – 22786/22767 Benteng – Selayar
  4. HOTEL MUSTIKA Jl. Siswomiharjo Telp. 0414 – 2707082 Benteng – Selayar
  5. PONDOK BONERATE Jl. Karaeng Bonto No. 2B Telp. 0414 – 22253/ 21009 Benteng – Selayar
  6. SELAYAR ISLAND RESORT Jl. Poros Baloiyya Selayar Telp. 0414 – 21750 Benteng – Selayar
  7. PENGINAPAN ERNI Jl. Diponegoro No. 24 Telp. 0414 – 21005 Benteng – Selayar
  8. TINABO DIVE CENTER Jl. Emmy Saelan No.1 Telp. 0414 – 22512 Benteng – Selayar
  9. MESS AL – UMARAINI Jl. R. A. Kartini No. 13 Telp. 085696024842 Benteng Selayar
  10. PENGINAPAN PUTRI Jl. Sutoyo Benteng – Selayar
  11. HOMESTAY LANTIGIANG Jl. Siswomiharjo Benteng – Selayar

Wisata yang ada di Taman Taka Bonerate

Untuk menikmati keindahan laut serta bawah lautnya yang menyimpan ragam terumbu karang, lamun, dan biota-biota laut lainnya juga dapat dilakukan dengan berbagai pilihan cara (olahraga). Diantaranya berenang, snorkeling, menyelam (scuba diving), berperahu, memancing, serta jogging/trekking di sepanjang garis pantai.

Selain wisata bahari, wisata budaya juga menarik dilirik saat mengunjungi kawasan ini. Penduduk setempat yang tinggal sebagian besar di dan di sekitar Pulau Selayar didominasi suku Bugis yang dikenal karena kemampuan mereka membuat kapal pinisi yang melegenda sejak abad ke-16. Anda bisa mengunjungi lokasi pembuatan kapal-kapal hebat yang berhasil berlayar mengarungi lautan.

Selain suku Bugis, suku Bajau juga mendominasi peradaban masyarakat yang berada di pulau-pulau kecil dalam kawasan Taka Bonerate. Baik suku Bugis atau Bajau masing-masing memiliki kekhasan budaya yang kental ditandai dengan budaya kemaritiman serta nuansa Islami yang menarik untuk dikenali lebih dekat. Wisata budaya dapat dilakukan di Pulau Tarupa, Pulau Rajuni, dan Pulau Latondu.

Pulau Tinabo, yang berada di jantung Taman Nasional Taka Bonerate, merupakan jantung pengelolaan taman laut ini. Pulau Tinabo jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan kota dan berada di sana akan membuat Anda merasa di sebuah pulau pribadi yang cantik.

Di sini Anda juga dapat menikmati beragam kegiatan sebagaimana disebutkan di paragraph sebelumnya, yaitu snorkeling, scuba diving, jalan-jalan santai di pantai pasir putih, berperahu, memancing, atau hanya menyaksikan keindahan Matahari terbit atau tenggelam. Terdapat diving centre berikut guide berpengalaman bagi Anda yang ingin menyelami bawah lautnya yang indah.

HTM Wisata Nasional Taman Taka Bonerate

Turis Domestik Rp 2.500,-
Turis Asing Rp 20.000,-

Tips Berwisata di Taman Taka Bonerate

  1. Kunjungan terbaik pada April hingga Juni dan Oktober s/d Desember setiap tahunnya.
  2. Jika menyelam sebaiknya didampingi pramuwisata berpengalaman.
  3. Hendaknya tidak mengusik biota laut. Kenali dan hindari hewan laut yang berbahaya karena bisa atau gigitannya.
  4. Hendaknya menjaga lingkungan dengan tidak melakukan kegiatan yang dapat merusak keindahan dan keanekaragaman jenis biota laut dan ekosistemnya, seperti menginjak karang, membuang sampah di lautan, dan menangkap spesies yang dilindungi.
  5. Setiap pengunjung wajib membayar tiket masuk ke kawasan taman nasional. Terdapat tarif yang berbeda untuk tiap tujuan/kegiatan kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Taka Bonerate, seperti pengunjung, kapal, pengambilan gambar atau foto, kegiatan olahraga, penelitian. Masing-masing kegiatan atau tujuan kunjungan ke Taka Bonerate dikenai tarif yang berbeda. Untuk info tarif tiket yang dimaksud dapat diakses di situs resmi Taman Nasional Taka Bonerate di sini.

Kontak Pengelola Wisata Nasional Taman Taka Bonerate

Jl. S. Parman No. 40 Benteng Kab. Kepulauan Selayar 92812 Sulawesi Selatan, Indonesia.
Telp/ Fax. : +62 414 – 21565 | Email : infotntakabonerate@gmail.com | Twitter : @Takabonerate_NP | Website: tntakabonerate.com

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Taman Taka Bonerate dan anda ingin cerita tersebut di publish di WisataNasional.net? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share:

Leave a reply